Sekolah : SMP
......
Matapelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : 7/1
Materi Pokok :
Menelaah dialog/percakapan
Alokasi Waktu : 2
X pertemuan (4
jpl)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan
fenomena dan kejadian nyata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa sebagai
bahasa Ibu untuk mendukung bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa.
1.2 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Jawa dan
memanfaatkannya sebagai sarana
komunikasi masyarakat Jawa masyarakat Jawa.
|
1.1.1
Terbiasa berdoa
kepada Tuhan Maha Esa
sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran meneelaah
dialog/percakapan
1.1.2
Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Jawa sebagai sarana mempelajari dialog/percakapan
.
|
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung
jawab, peduli (toleransi dan gotong royong), santun, percaya diri dalam
menyampaikan informasi
atau menanggapan berbagai
hal/keperluan sesuai dengan tata krama Jawa.
2.2 Menunjukkan perilaku berbahasa yang santun yang ditunjukkan dengan
ketepatan penggunaan ragam bahasa (unggah ungguh basa).
2.3 Menunjukkan perilaku, tindakan, dan perbuatan yang mencerminkan
kepribadian Jawa.
|
2.1.1
Terbiasa membantu teman sejawat dalam memecahkan masalah.
2.1.2
Terbiasa menyampaikan pendapat dalam pemecahan masalah dengan santun
2.1.3
Terbiasa menggunakan kata-kata
yang tidak menyinggung perasaan orang lain.
2.1.4 Mengikuti kegiatan diskusi dengan disiplin.
2.1.5 Terbiasa bersikap jujur
dalam berkarya.
|
3.2. Menelaah
dialog/percakapan
|
3.2.1.
Membaca
dialog/percakapan.
3.2.2. Mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi dialog.
3.3.3.
Menulis pokok-pokok
isi dialog.
3.3.4. Menceritakan
kembali isi dialog.
|
4.2. Menulis teks
dialog sederhana
|
4.2.1.
Mencermati
contoh teks dialog.
4.2.2. Menyusun
kembali pokok-pokok pikiran teks dialog yang dibaca.
4.2.3. Menyusun
pokok-pokok pikiran sebagai kerangka untuk membuat teks dialog.
4.2.4
Mengembangkan pokok-pokok pikiran menjadi teks dialog.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.
Berdoa
kepada Tuhan maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran materi berdialog/percakapan.
2.
Menggunakan bahasa Jawa di kelas saat pelajaran bahasa Jawa dengan
baik.
3.
Membaca
dialog atau percakapan.
4.
Mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi dialog/percakapan.
5.
Menuliskan pokok-pokok isi
dialog/percakapan
6.
Menyampaikan
pokok-pokok isi dialog/percakpan
tersebut.
7.
Menanggapi isi tekd dialog dengan jujur dan
bertanggung jawab.
Pertemuan 2
1.
Berdoa
kepada Tuhan maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran materi berdialog/perckapan.
2.
Menggunakan bahasa Jawa di kelas saat pelajaran bahasa Jawa dengan
baik.
3.
Mencermati contoh dialog/percakpan.
4.
Menuliskan pokok-pokok isi
dialog/percakapan.
5. Menyusun pokok-pokok pikiran teks
dialog/percakapan
6.
Menyusun kerangka untuk membuat teks
dialog/percakapan.
7.
Mengembangkan pokok-pokok pikiran menjadi
teks dialog/percakapan.
8.
Menanggapi
teks dialog dengan jujur dan tanggung jawab.
D. Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Teks
dialog/percakapan
Ana suara ribut-ribut neng latar. Ibu RT
karo Sita lan Ibune pada ribut babagan sekolahan.
Ibu RT :
“Bu, anake njenengan sidane ndaftar teng SMA pundi ?”
Ibu Heni :
“Aku yo bingung bu lah wong Sita iku esih bingungan lan kegawa-gawa kancane kok bu.”
Ibu RT :
“Lah pira ta neme ?”
Ibu Heni :
“Neme iku 36,40 an lah bu.”
Ibu RT : “Oh lah yo apik banget to nem semana iku. Endi Sitane aku sing tak omong.”
Ibu RT : “Oh lah yo apik banget to nem semana iku. Endi Sitane aku sing tak omong.”
Ibu Heni :
“ Sita... Reneya nduk, iki bu RT arep ngendika.”
(Sita metu saka njero umah terus lungguh
neng jejere ibu RT)
Ibu RT :
“Nduk pie ? kowe iku meh sekolah nang ndi ? iki wis dina ke loro pendaftaran loh, masa kowe
durung ndaftar ?”
Sita :
“Nggih bu, kua taksih bingung bu.”
Ibu RT :
“Bingung pie nudk ? Nem semana mesthi ketampane neng SMA 1 utawa 2 to ?”
Sita :
“Nggih niku bu, kula bingung. Menawi teng SMA 1 kula wedi menawi kula mangke boten wonten kancane, wong teng SMA
1 menika kan terkenal tiyang sugih-sugih
sedaya to bu.”
Ibu RT :
“Ealah Sita, sing sekolah rak yo uteke to ?Masalah sugih, kuwi kan yo mung titipane Gusti to ?Kowe ora pareng ngono iku, sing jenenge
sugih banda iku bisa digoleki,
ning nek sugih amal karo sugih manah iku sing angel digoleki nduk.”
Sita :
“Nggih bu.”
Ibu RT : “Yowes nak ngono neng SMA 2 wae apa pie
?”
Sita :
“Menawi teng SMA 2 kagiyatan olahraganipun kirang sae tirose bu, padahal kula sampun
ndherek kejuaraan volly.”
Ibu RT :
“Oh iyo, yowes SMA 1 wae lah. Kowe kuwi kudu semangat Sit, wong yo sing arep sekolah kuwi
uteke dudu bandane. Apa yo kabehan kuwi wong sugih ?Mesthi kowe tetep ana kancane
mengko. Yowes sesuk ndaftar neng kono yo ? tak
terke.”
Sita :
“ Nggih bu. Oh bu RT badhe nganter kula ? nggih bu matur nuwun sanget nggih bu.”
Ibu Rt :
“Yo, yowes tak mbalik yo sit. Bu Heni, aku dhisikan.”
Ibu Heni : “Yo bu, matur nuwun bu.”
Ibu Heni : “Yo bu, matur nuwun bu.”
Pertemuan 2
Teks
dialog/percakapan rekaman video sing diputerke kanggo conto sakdurunge siswa
nggawe cengkorongan pokok-pokok diaog/percakapan.
Pacelathon
iki katindakaken dening mba Ayu lan dek Yoke. Mba Ayu minangka kakang kelase
dek Yoke. Kalorone kekancan kang raket banget. Mbak Ayu miwiti atur.
Mba
Ayu : “Halo, Dek Yoke neng endi
?.... (Yoke mangsuli neng telepon).... oh iyo aku ngenteni
neng ngarep kelasku.”
(Mbak
Ayu ngenteni dek Yoke ana ing ngarep kelas. Ora suwe, dke Yoke teka marani mba Ayu)
Yoke : “Mba Ayu, njenengan wis suwi
anggone ngenteni aku mba ?”
Ayu : “Durung iki nembe wae kok, endi
dompete aku kepengin weruh.”
Yoke : “Niki loh mba dompete, njenengan
pirsani dhisik mba.”
Ayu : “Ih apik, iki pira regane ?”
Yoke : “Satus ewu mba.”
Ayu : “Ora entuk kurang ?”
Yoke : “Ora entuk mba wis pas iki.”
Ayu : “Mbok dikurang-kurangi sithik.”
Yoke : “Aku ki njukut barange yo sithik
mba.”
Ayu : “Yowes yowes, iki.”
Yoke : “Matur nuwun yo mbak, aku
dhisikan.”
Ayu : “Yaa.. “
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : scientific
Metode : diskusi,
tanya jawab, penugasan
F. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media
: Rekaman dialog/percakapan
2.
Sumber
Belajar : Rekaman Video
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
· Peserta berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Peserta
didik diarahkan guru untuk membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang
· Apersepsi:
menunjukan teks dialog/percakapan
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
|
Kegiatan Inti
o Peserta didik membaca
teks dialog/percakapan.
o Peserta didik bertanya jawab tentang isi
dialog tersebut.
o Peserta didik menulis
isi pokok dialog tersebut.
o Peserta didik berdiskusi tentang isi
dialog tersebut.
o Peserta didik menyampaikan hasil diskusi
tentang pokok-pokok isi teks dialog/percakapan.
o Peserta didik menanggapi hasil diskusi
kelompok lain tentang isi teks dialog/percakapan.
Penutup
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan materi PBM.
·
Guru bersama peserta didik melakukan
refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
·
Peserta didik
menerima tugas dari guru mencari pokok-pokok
isi teks dialog/perckapan yang
sudah dibaca tadi.
|
Pertemuan 2
Pendahuluan
· Peserta berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Peserta
didik diarahkan guru untuk membentuk kelompok dengan anggota 3-4 orang
· Apersepsi:
Guru memutarkan rekaman
dialog/percakapan
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
o Peserta didik mendengarkan
rekaman dialog/percakapan.
o Peserta didik menyusun
kembali pokok-pokok pikiran teks dialog/percakapan.
o Peserta didik menyusun
pokok pikiran sebagai kerangka untuk membuat teks pidato.
o Peserta didik mengembangkan
pokok pikiran menjadi teks dialog.
o Peserta
didik menyampaikan hasil diskusi dengan cara memperagakan teks dialog dengan
kelompoknya masing-masing.
o Peserta
didik menanggapi hasil peragaan dialog kelompok lain tentang isi teks
dialog/percakapan
Penutup
o Peserta
didik dan guru menyimpulkan materi
yang dipelajari dengan percaya diri.
o Peserta melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru
berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi
o Peserta
didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya mengikuti kegiatan pembelajaran.
PENILAIAN
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : observasi
b.
Bentuk Instrumen :
lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual
Nama : _______________
Kelas : _______________
Keterangan:
1 = tidak pernah 3 = sering
2 = kadang-kadang 4 = selalu
2.
Penilaian Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
A.
Penilaian sikap sosial untuk diskusi
B.
Penilaian sikap sosial dalam kegiatan menanggapi hasil karya
teman dan berkarya
Objek : peragaan dialog/percakapan
kelompok lain
Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk
Kegiatan Menanggapi Karya dan Berkarya
Nama : ______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X)
sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi
oleh guru)
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya”
diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal
berjumlah 4
butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 4.
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen : Tes uraian
c. Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Pengetahuan (K3)
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal :
Pedoman Penskoran:
Skor
jawaban benar dan sesuai dengan isi dialog
skor 10.
Skor maksimal 10.
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes praktik
b.
Bentuk Instrumen : Tes uji petik kerja dan produk
c. Kisi-kisi
:
d.
Instrumen
Penilaian Keterampilan (K4)
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal:
1. kelas !
Keterangan:
4 = Sangat Baik 2 = Cukup
3 = Baik 1 = Kurang
Penghitungan
nilai akhir : Nilai akhir : skor yang diperoleh
---------------------------- X 100
Skor
maksimal
|
|
………………………………………… ……………,………………………………
Guru
Mata Pelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar